https://ferrari-wiki.com/ https://www.hillaryfarm.co.id/images/keth88/ https://ppdisnakertrans.riau.go.id/ http://103.153.229.43/ https://irontrianglebrewing.com/ http://38.9.137.147/ http://38.9.137.143/ http://multapipvtiti.com/bbfstoto/ https://umbima.ac.id/wp-content/-/ https://cg57811.tmweb.ru/halo/ https://dishub.riau.go.id/wp-content/-/ http://103.168.147.224/ https://slotqris.media9.co.id/content/ http://dim-et-ioann.ioa.sch.gr/content/ https://dishub.riau.go.id/wp-admin/content/ https://ace.dilmil-yogyakarta.go.id/content/ https://bappeda.langsakota.go.id/slot-terbaik/ https://mediasumbar.everettsonthego.com/
https://www.norcarestaurant.ca/wp-content/-/ http://strengthsensei.elegance.work/ https://institutomarlene.edu.co/wp-content/assets/
ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATISSISWA KELAS VIIID SMP NEGERI 3 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2017/2018 DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF VISUALIZER DAN VERBALIZER | Fitriani | EKUIVALEN - Pendidikan Matematika

ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATISSISWA KELAS VIIID SMP NEGERI 3 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2017/2018 DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF VISUALIZER DAN VERBALIZER

Anisa Fitriani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa SMP ditinjau dari gaya kognitif visualizer dan verbalizer. Jenis penelitian ini adalah penelitiankualitatif deskriptif yaitu, dengan cara menafsirkan data yang ada dengan tujuan untuk mendapatkaninformasi tentang kemampuan representasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal pada materibangun datar ditinjau dari gaya kognitif siswa.Subjek penelitian ini adalah 4 siswa dengan masing-masing 2 siswa gaya kognitif visualizer dan 2 siswa dengan gaya kognitif verbalizer. Teknik pemilihan subjek yang digunakan adalah teknik purposive. Pemilihan subjek dilakukan menggunakan angket gaya kognitif visualizer-verbalizer dan didasarkan pada jawaban soal representasi matematis yang dianggap dapat mewakili jawaban subjek yang lain untuk masing-masing gaya kognitif. Metode pengumpulan data menggunakan angket gaya kognitif, tes kemampuan representasi matematis, dan wawancaraHasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan representasi matematis siswa dengan gaya kognitif visualizer mampu memenuhi indikator kemampuan representasi pada aspek visual, tetapi tidak mampu memenuhi indikator pada aspek persamaan atau ekspresi matematis serta tidak mampu memenuhi indikator pada aspek verbal, dan (2) kemampuan representasi matematis siswa dengan gaya kognitif verbalizer tidak mampu memenuhi indikator kemampuan representasi pada aspek visual dan ekspresi matematis tetapi mampu memenuhi indikator pada aspek verbal.

 

Kata kunci:kemampuan representasi matematis, gaya kognitif visualizer dan verbalizer

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v38i1.5658

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.